Thursday, August 5, 2010

Sunan Giri

Sunan Giri dikenal juga dengan nama Raden Paku Satmata atau Sultan Abdul Faqih bertempat tinggal di Gresik. Beliau putra darr Maulana Ishak yang pernah ditugaskan berdakwah di Blambangan oleh Sunan Ampel.Sunan Giri ditinggalkan oleh orang tuanya dan diasuh oleh seorang janda kaya yang bernama Nyai Agung Maloka atau Nyai Ageng Tandes.
Oleh Nyai Ageng Tandes,Raden Paku disekolahkan ke Ampel berguru kepada Raden Rahmat(sunan Ampel). Selama dalam masa belajar beliau dikurniakan akal yang luar biasa cerdasnya, sehingga mendapat ilmu laduni. Karena itulah,oleh guru-gurunya di Pasai beliau diberi gelar nama "AINUL YAQIN".
Setelah cukup ilmunya beliau pulang mendirikan Popes di Giri dimana murid-muridnya belajar. untuk berdakwah beliau sering mengirimkan utusan (mission secret) keluar Jawa yang kepada para pelajar, saudagar, dan kaum nelayan. Tidak hanya itu saja, beliau juga aktif membantu kemajuan kerajaan Islam di Demak. segala soal yang penting senantiasa meminta pertimbangan dan keputusan Sunan Giri.
Sebagai seorang Wali yang dihormati dan disegani. Cara penyebaran agama Islam yang dilakukannya melalui nyanyian-nyanyian jawa dan permainan kanak-kanak. Hal ini dimaksudkan agar lebih mudah diterima oleh masyarakat dan anak remaja.
Diantara nyanyian dan permainan kanak-kanak hasil ciptaannya ialah "ILIR-ILIR" dan "JITUNGAN ATAU JELUNGAN". Beliau wafat dimakamkan diatas bukit Giri (Gresik).

No comments:

Post a Comment